Anjelina, Rina and Elvinawati, Elvinawati and Nurhamidah, Nurhamidah (2019) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RINA_ANJELINA_FKIP[1].pdf [thumbnail of RINA_ANJELINA_FKIP[1].pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINA_ANJELINA_FKIP[1].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil
belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi larutan penyangga.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - April 2019. Penelitian yang
dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi
penelitian ini adalah kelas XI IPA yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan setelah uji homogenitas dan normalitas maka terpilih
kelas XI IPA 1 yang menggunakan model Discovery Learning dan XI IPA 3
yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah
47 siswa. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain
Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil
penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model Discovery
Learning mampu memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan
model Problem Based Learning (PBL) di SMAN 2 Bengkulu Utara tahun
ajaran 2018/2019. Nilai rata-rata pretest-posttest pada kelas Problem
Based Learning (PBL) sebesar 45 dan pada kelas Discovery Learning
sebesar 53,91. Hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig. (0,042).
Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada
hasil belajar siswa yang menerapkan model Problem Based Learning
(PBL) dan Discovery Learning.
Kata kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Discovery
Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12672 |