PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU

Narta, Dwi Aditira and Rusdi, Rusdi and Hanifah, Hanifah (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP NEGERI 06 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_A1C015008_ADITRA DWI NARTA.pdf] Text
SKRIPSI_A1C015008_ADITRA DWI NARTA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik
matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning materi
aritmetika sosial yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan
menjadi 3 Tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap
pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar
kepraktisan, dan lembar efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning pada materi
aritmetika sosial kelas VII di SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori :
(1) sangat valid memiliki skor 4,35 dengan cara (a) LKPD menunjukkan
kebenaran dan kesesuaian dengan kompetensi dasar pada validasi materi, (b)
LKPD sesuai dengan format, desain, dan tahapan dari Problem Based Learning
pada validasi konstruksi, (c) penggunaan huruf dan kalimat jelas, serta
penggunaan kalimat perintah yang sesuai pada validasi bahasa, (2) sangat praktis
memiliki skor 4,48 dengan cara tulisan pada LKPD jelas dan mudah dibaca,
petunjuk dan langkah – langkah Problem Based Learning mudah digunakan oleh
peserta didik, dan (3) sangat efektif memiliki skor 4,74 dengan cara langkah -
langkah pada LKPD membantu peserta didik belajar memahami materi aritmetika
sosial yaitu keuntungan, kerugian, bunga tunggal, dan bruto, netto, tara dan
langkah Problem Based Learning membantu peserta didik dalam menyelesaikan
tes hasil belajar, dan diperoleh rata – rata hasil belajar peserta didik yaitu 87,41.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian
Pengembangan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:09
Last Modified: 11 Jul 2023 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12678

Actions (login required)

View Item
View Item