Wibowo, Agung and Rusdi, Rusdi and Syafdi, Maizora (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C015030_AGUNG WIBOWO.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C015030_AGUNG WIBOWO.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C015030_AGUNG WIBOWO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta
didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih dari
hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Saintifik di Kelas
VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini
adalah Quasi Experiment Research (Penelitian Eksperimen Semu) dengan desain
penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random
sampling sehingga diperoleh kelas VII 5 sebagai kelas pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas VII 6
sebagai kelas pendekatan Saintifik yang berjumlah 26 peserta didik. Instrumen
dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk soal uraian.
Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik
menggunakan pendekatan Realistic Mathematics educatio (RME) lebih dari hasil
belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Saintifik di kelas VII
SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, dengan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12680 |