Dianti, Aisyah and Muchlis, Effie Efrida and Hanifah, Hanifah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C015023_AISYAH DIANTI (SKRIPSI).pdf [thumbnail of A1C015023_AISYAH DIANTI (SKRIPSI).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C015023_AISYAH DIANTI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik
Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu dengan menerapkan model
pembelajaran generatif dalam pengelolaan kelas. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas
VIII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang
berjumlah 32 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, lembar latihan pada
lembar kerja peserta didik dan lembar tes akhir siklus. Mengelola kelas dengan
menerapkan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas belajar
peserta didik dengan cara pada tahap 1 persiapan melatih peserta didik dalam
mendengarkan penjelasan, memperhatikan dan menyampaikan pendapat; pada
tahap 2 pemfokusan melatih peserta didik untuk bekerja sama, berdiskusi,
menggambar dan mencatat; pada tahap 3 tantangan melatih peserta didik untuk
menyelesaikan permasalahan dan aktif dalam diskusi kelas; dan pada tahap 4
aplikasi melatih peserta didik untuk mengerjakan latihan yang diberikan guru. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata observasi
aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 19,50; 23,75;
28,38. Mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran generatif dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan cara pada tahap 1 persiapan
melatih peserta didik untuk mengingat materi pelajaran yang berhubungan dengan
materi yang akan dipelajari; pada tahap 2 pemfokusan peserta didik mengonstruksi
sendiri konsep; pada tahap 3 tantangan peserta didik menyelesaikan permasalahan
secara nyata sesuai dengan konsep yang didapat; dan pada tahap 4 aplikasi peserta
didik mengerjakan latihan soal. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat
dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu:
66,48; 74,70; 83,75 dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu: 43,75%; 62,50%;
87,50%.
Kata kunci: model pembelajaran generatif, hasil belajar peserta didik, pengelolaan
kelas.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:25 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12681 |