PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU

Naibaho, Angela Jane ito and Maizora, Syafdi and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_ANGELA JANE ITO NAIBAHO_A1C015027.pdf] Text
SKRIPSI_ANGELA JANE ITO NAIBAHO_A1C015027.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning
terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.
Populasi adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan posttest only control
Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen kelas VII E
sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebgai kelas uji coba. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa soal esai dengan jumlah 10 soal. Uji instrumen yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya
pembeda. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 62,766
dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 48,655. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan
berbantuan aplikasi SPSS. Uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk dan
uji homogenitas menggunakan rumus Levene’s Test. Hasil uji hipotesis
menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa nilai signifikan
0,004 ≤ 0,05 maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
matematika kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar
Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:28
Last Modified: 11 Jul 2023 02:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item
View Item