Nadiyah, Atika and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ATIKAH.pdf [thumbnail of SKRIPSI ATIKAH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ATIKAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan
bantuan alat peraga berbasis lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Kota Bengkulu
semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Aktivitas belajar siswa
ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok yang heterogen berdasarkan nilai tes, memberikan LKPD, memberikan alat peraga berbasis lingkungan, presentasi jawaban
dari soal pada LKPD sesuai nomor kepala masing-masing, memberikan perhatian
khusus kepada siswa berkemampuan rendah, menegur siswa yang tidak mengikuti
langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi. Peningkatan aktivitas
belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I sampai
siklus III, yaitu: 24 (kriteria cukup aktif); 27,625 (kriteria cukup aktif); 29.25 (kriteria
aktif). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD dengan
langkah-langkah yang sesuai model pembelajaran NHT dan pendekatan saintifik
dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan, membuat soal latihan tambahan untuk
siswa bernomor kepala 5 pada setiap LKPD, menambah gambar bangun ruang dengan
garis putus-putus pada LKPD serta menjelaskan kembali materi prasyarat. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 58,96; 69,59; 77,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 36%; 64%;
80%. Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Head Together, LKPD, alat peraga
berbasis lingkungan, aktivitas belajar, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:34 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12683 |