Saputra, Berto Dwi and Yensy, Nurul Astuty and Hanifah, Hanifah (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X IPA DI SMA N 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan
tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1
Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 33 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe
Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari
ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 33,33%;
dan 81,81%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil
observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I dan siklus II secara berturut�turut adalah 18 (cukup aktif) dan 23,13 (aktif).
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12685 |