Hapid, Cahaya Gafar and Hanifah, Hanifah and Agus, Susanta (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_CAHAYAU GAFAR HAPID-A1C014036.pdf [thumbnail of SKRIPSI_CAHAYAU GAFAR HAPID-A1C014036.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_CAHAYAU GAFAR HAPID-A1C014036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan
apa saja yang dilakukan siswa dan mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 17
Kota Bengkulu. Sebanyak 25 siswa kelas VII F dipilih sebagai subjek penelitian
ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan
yang dilakukan siswa sebesar 56% untuk soal nomor 1, 52% untuk soal nomor 2,
80% untuk soal nomor 3, 24% untuk soal nomor 4, 16% untuk soal nomor 5, 56%
untuk soal nomor 6, 32% untuk soal nomor 7, 40% untuk soal nomor 8, 32%
untuk soal nomor 9, 16% untuk soal nomor 10. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi
hitung aljabar yaitu: a) kesalahan menyalin data, b) kesalahan operasi suku tak
sejenis, c) kesalahan operasi suku sejenis, d) kesalahan mengabaikan data penting
yang diberikan, e) kesalahan perhitungan. Faktor penyebab terjadinya kesalahan
adalah: a) Siswa tidak teliti/tidak memperhatikan soal yang akan dibuatnya, b)
siswa tidak memahami konsep suku tak sejenis, c) siswa tidak memahami konsep
suku sejenis, d) siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, e) siswa tidak
mengerti maksud dari soal yang diberikan.
Kata Kunci: Analisis, Deskriptif, Kesalahan, Operasi Hitung Aljabar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12686 |