PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII 2 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Yulani, Evita Sri and Susanta, Agus and Syafdi, Maizora (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII 2 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FIX PDF EVITA.pdf] Text
SKRIPSI FIX PDF EVITA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe think pair share sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah 31 peserta didik
kelas VII.2 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran
2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas berupa
self checklist dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik yang dilakukan dengan cara
pembagian kelompok yang tepat, memberikan perhatian khusus kepada peserta
didik berkemampuan rendah, menegur peserta didik yang tidak mengikuti langkah
pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi dan apresiasi berupa nilai
plus dan pujian. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada
lembar observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I sampai siklus III secara
berturut-turut: 25,25 (kriteria cukup); 30,5 (kriteria cukup); 36 (kriteria baik).
Hasil belajar peserta didik juga dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD
dengan langkah-langkah think pair share, membimbing peserta didik
meneyelesaikan LKPD sesuai dengan langkah-langkah think pair share, serta
memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata Tes Hasil
Belajar (THB) peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 58,80, 69,09, dan
78,74 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu
35,48 %, 61,29 %, dan 87,09%.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:05
Last Modified: 11 Jul 2023 03:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12691

Actions (login required)

View Item
View Item