PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK DOUJINSHI INTERAKTIF PADA MATERI PENGGUNAAN SKALA PADA DENAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK SISWA KELAS V SDN 01 KOTA BENGKULU

Winoto, Febri Restu and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK DOUJINSHI INTERAKTIF PADA MATERI PENGGUNAAN SKALA PADA DENAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK SISWA KELAS V SDN 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan dan
keefektifan dari pengembangan bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif
pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari untuk
Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi
prosedur 4-D. Hasil penelitian ini adalah komik pembelajaran yang valid, praktis
dan efektif, valid dari segi materi, bahasa dan konstruksi yang divalidasi 1 orang
ahli pendidikan bidang matematika, 2 orang guru SD dan 1 orang ahli pendidikan
bidang bahasa Indonesia dengan skor 3,82. Menurut validator hal yang
diunggulkan adalah materi yang disajikan pada komik sudah sesuai dengan
indikator dan terurut serta bersifat dialogis.Alur cerita pada komik yang
mengarahkan pada pemahaman konsep dapat membantu siswa memahami
konsep.Gambar pada komik menarik dan professional yang memperlihatkan daya
tarik dan menimbulkan keinginan untuk dibaca siswa, didukung oleh warna yang
jelas dan kontras serta keharmonisan antara gambar dan kalimat yang diucapkan
oleh tokoh,sehingga komik menjadi mudah dipahami.Kemudian komik
pembelajaran yang praktis, dengan skor rata rata 4,17 yang didapat dari uji
praktikalitas sebanyak 2 kali. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa hal yang
diunggulkan adalah petunjuk penggunaan komik dapat dipahami dengan jelas oleh
siswa.Tulisan pada komik mudah dibaca dan mudah dipahami.Komik
pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar baru yang menyenangkan bagi
siswa.Kemudian komik yang efektif yang dinilai dari keaktifan, respon, dan hasil
belajar.Pada tahap ini keaktifan pengamat menilai siswa mengamati objek objek
pada komik dengan sangat baik.Kemudian siswa mampu menemukan konsep
setelah membaca komik serta mampu mengerjakan soal latihan yang ada pada
komik.Sedangkan dari respon siswa, siswa merasa senang belajar matematika
menggunakan komik karena gambar dalam komik membantu siswa dalam
memahami konsep.Hasil belajar adalah 75% dari latihan pada komik dan 25%
dari tes hasil belajar dengan skor rata-rata 4,31.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Komik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:08
Last Modified: 11 Jul 2023 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item
View Item