Charolina, Helvita Frasselia and Maizora, Syafdi and Nurul, Astuty Yensy (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_HELVITA FRASSELIA CHAROLINA_A1C015010.pdf [thumbnail of SKRIPSI_HELVITA FRASSELIA CHAROLINA_A1C015010.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_HELVITA FRASSELIA CHAROLINA_A1C015010.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII SMP Negeri 7
Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen
semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group
Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7
Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling
dengan siswa kelas VIII H berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII I yang terdiri dari 29 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan
penelitian dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas
sampel pada rentang waktu 5 Maret 2019 sampai dengan 15 April 2019. Analisis
data dilakukan dengan uji-t, untuk hasil posttest kedua kelas sampel dengan taraf
signifikan 0,05 didapat angka sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 dan =
2,955 > = 2,005. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil setiap indikator,
pada indikator menggeneralisasi dan mempertimbangkan hasil generalisasi kelas
eksperimen mencapai 71,2% sedangkan kelas kontrol 61,76%. Pada indikator
mengidentifikasi relevansi kelas eksperimen mencapai 64,11% sedangkan kelas
kontrol 62,10%. Pada indikator merumuskan masalah ke dalam model matematika
kelas eksperimen mencapai 78,47% sedangkan kelas kontrol 70,86%. Pada
indikator mendeduksi menggunakan prinsip kelas eksperimen mencapai 76,56%
sedangkan kelas kontrol 62,54%. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.
Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12695 |