Sastrio, Hendri and Rusdi, Rusdi and Effie, Efrida Muchlis (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG PRISMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C015006_Hendri Sastrio.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C015006_Hendri Sastrio.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C015006_Hendri Sastrio.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa
saja yang dilakukan peserta didik dan mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan
peserta didik dalam menyelesaikan soal luas permukaan prisma di kelas VIII
SMPN 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Sebanyak 24 peserta didik
kelas VIII C dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan
peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang luas permukaan prisma yaitu: a)
kesalahan dalam menghitung luas segitiga siku-siku 25%, b) kesalahan dalam
menghitung salah satu sisi segitiga siku-siku 70,83%, c) kesalahan dalam
menghitung luas persegi panjang 50%, d) kesalahan dalam menghitung luas
permukaan prisma dengan alas segitiga siku-siku 58,33%, e) kesalahan dalam
menghitung luas persegi 79,16%, f) kesalahan dalam menghitung panjang sisi
persegi 54,16%, g) kesalahan dalam menghitung keliling persegi 54,16%, h)
kesalahan dalam menghitung luas permukaan prisma dengan alas persegi 87,5%.
Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah : a) peserta didik salah dalam
menghitung luas persegi panjang, b) peserta didik kurang teliti dalam operasi
perhitungan, c) peserta didik belum memahami konsep menghitung salah satu sisi
segitiga siku-siku, luas permukaan prisma, dan operasi aljabar, d) peserta didik
belum dapat membedakan antara rumus luas persegi dan rumus keliling persegi,
e) peserta didik keliru dalam menghitung luas persegi, f) peserta didik belum
dapat membedakan antara rumus luas permukaan prisma dengan alas segitiga
siku-siku dan rumus luas permukaan prisma dengan alas persegi.
Kata Kunci : Analisis, Deskriptif, Kesalahan, Luas Permukaan, Prisma
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12696 |