PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Utami, Indah Tri and Rusdi, Rusdi and Hanifah, Hanifah (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_A1C015002_Indah Tri Utami.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_A1C015002_Indah Tri Utami.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika
siswa antara model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran
inkuiri terbimbing di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah Quasy Experiment dengan desain penelitian Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota
Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan
teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas
discovery learning yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas
inkuiri terbimbing yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian
ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil
belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery
learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII SMP Negeri 6
Kota Bengkulu, dengan thitung = -2,242 dan sig. = 0,030 < 0,05. Rata – rata hasil
belajar siswa kelas discovery learning adalah 48,77 dan rata-rata hasil belajar
siswa kelas inkuiri terbimbing adalah 61,24.Kata Kunci : Discovery Learning, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:33
Last Modified: 11 Jul 2023 03:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12698

Actions (login required)

View Item
View Item