Berlinda, keke and Yensy, Nurul Astuty and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C015028_IRMA YULISA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C015028_IRMA YULISA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C015028_IRMA YULISA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
![A1C015038_KEKE BERLINDA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C015038_KEKE BERLINDA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C015038_KEKE BERLINDA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran
Discovery Learning berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar siswa
yang dilakukan dengan cara memberi teguran kepada siswa yang tidak mengamati
alat peraga (stimulasi), meminta siswa bergantian menggambar alat peraga
(identifikasi masalah), membimbing kelompok saat menggambar bagian alat
peraga (pengumpulan data), menyelesaikan masalah dengan mengamati alat
peraga kemudian mencatat hasilnya (mengolah data), memberi perhatian lebih
kepada kelompok yang belum paham (pembuktian), memberikan apresiasi berupa
alat tulis untuk kelompok yang presentasi dengan bantuan alat peraga
(kesimpulan). Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata lembar
observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III yaitu 34 (cukup aktif),
43,5 (cukup aktif) dan 50,875 (aktif). Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara
membantu siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari dengan bantuan
alat peraga (stimulasi), mengarahkan siswa berpikir cara menyelesaikan suatu
permasalahan dengan bantuan alat peraga (Identifikasi masalah), membimbing
siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya (mengumpulkan dan
mengolah data), melatih siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan cara
lain (pembuktian), meminta siswa mencatat rumus dibuku tulisnya (kesimpulan).
Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa siklus I
sampai siklus III yaitu 61,33; 73,92; 85,88 dengan persentase ketuntasan belajar
klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 31%, 53% dan 84%.
Kata Kunci : Alat Peraga, Aktivitas, Hasil Belajar, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12700 |