Hidayanti, Latifa Nurliyan and Maizora, Syafdi and Hanifah, Hanifah (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C0815108_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C0815108_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C0815108_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar peserta
didik dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) lebih
dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran saintifik
kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian Nonequivalent
Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII D
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian atau essai. Dalam
penelitian ini digunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Dari
penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,39 dan nilai
rata-rata kelas kontrol adalah 61,23. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t
diperoleh thitung=2,5299 dan ttabel = 2,000 dengan ∝ = 0,05, karena thitung > ttabel
maka disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model
pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) lebih dari rata-rata hasil
belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran saintifik.
Kata Kunci: Eksperimen, Hasil belajar, TAI (Team Assisted
Individualization), Saintifik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:49 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12701 |