Wati, Lindas and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LINDASWATI.pdf [thumbnail of SKRIPSI LINDASWATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LINDASWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta
didik kelas VIII A SMP Negeri 12 Kota Bengkulu dengan menerapkan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pengelolaan kelas. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII A SMP Negeri 12 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019
berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 24
Maret 2018 sampai dengan 20 Mei 2018. Peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan
III secara berturut-turut yaitu 27, 36.13, 38.63 dengan kriteria secara berturut- turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Mengelola kelas dengan menerapkan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
dengan cara pada tahap orientasi, merumuskan masalah dan merumuskan
hipotesis peserta didik dilatih dalam mendengarkan penjelasan, memperhatikan
dan menyampaikan pendapat serta berfikir kritis; pada tahap mengumpulkan data
dan menguji hipotesis melatih peserta didik untuk bekerja sama, berdiskusi,
menggambar dan mencatat; pada tahap merumuskan kesimpulan peserta didik
menyelesaikan permasalahan dan menarik kesimpulan serta aktif dalam diskusi
kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar
siklus I, II dan III secara berturut-turut 66.67, 78.96, 86.63 dengan ketuntasan
belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 54.55%,
72.41%, 86.20%
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12703 |