Permana, Made Agung and Maizora, Syafdi and Yensy, Nurul Astuty (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C015037_MADE AGUNG PERMANA.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C015037_MADE AGUNG PERMANA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C015037_MADE AGUNG PERMANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (18MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik matematika
dengan metode Problem Solving materi persamaan lingkaran yang memenuhi
kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel menjadi 3
tahapan yaitu tahap pendefinisian , perancangan, dan pengembangan . Instrumen
penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan metode
Problem Solving pada materi persamaan lingkaran kelas XI MIPA SMAN 5 Kota
Bengkulu termasuk dalam kategori : (1) sangat valid memiliki skor 4,20 dengan
cara (a) LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan di LKPD sesuai
langkah Polya dan sintaks pendekatan saintifik pada validasi materi, (b) tulisan,
gambar dan penampilan pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada
validasi konstruksi dan, (c) penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah
dipahami serta penggunaan kalimat tanya dan kalimat perintah yang sesuai pada
validasi bahasa, (2) sangat praktis memiliki skor 4,44 dengan cara petunjuk,
langkah-langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD yang mudah dipahami
dan mudah digunakan oleh peserta didik dan, (3) sangat efektif memiliki skor 4,69
dengan cara langkah-langkah pada LKPD membimbing peserta didik memahami
konsep pemecahan masalah, langkah Polya membantu peserta didik dalam
menyelesaikan tes hasil belajar berupa soal Problem Solving, dan diperoleh hasil
belajar yang tinggi dengan persentase ketuntasan 94,4%.
Kata Kunci : Problem Solving, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian
Pengembangan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:10 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12704 |