PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU

Novita, Melda Dwi and Maizora, Syafdi and Agus, Susanta (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Melda Dwi Novita_A1C014025_SKRIPSI.pdf] Text
Melda Dwi Novita_A1C014025_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis
Pendidikan Matematika realistik Indoneisa (PMRI) pada materi segitiga untuk
siswa SMP kelas VII yang memenuhi kriteria valid, praktis. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi
model penelitian dari Tim Puuslitjaknov yaitu analisis produk, pengembangan
produk awal, validasi ahli, dan uji coba skala kecil. Penelitian dilakukan di SMP
Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Kepraktisan
video diuji pada guru dan 26 orang peserta didik kelas VIII 8. Instrumen
penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar kepraktisan. Semua data
dianalisis kevalidan dan kepraktisannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Video pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika realistik Indoneisa (PMRI)
pada materi segitiga untuk siswa SMP kelas VII termasuk dalam kategori: (1)
sangat valid dengan skor rata-rata 4,65, dengan cara (a) materi pada video
pembelajaran ini sesuai dengan kompetensi dasar, sistematika atau urutan materi,
dan tujuan pembelajaran ; (b) video pembelajaran sesuai dengan struktur video
yang ditetapkan, video juga memiliki kualitas yang baik dari segi gambar, suara
dan bahasa;(c) bahasa yang digunakan pada video pembelajaran sesuai dengan
tingkat perkembangan siswa, komunikatif dan kaidah bahasa Indonesia. (2)
sangat praktis dengan skor rata-rata 4,53, dengan cara: (a) video pembelajaran
memberika kemudahan bagu guru untuk dipersiapkan dan digunakan sebagai
media pembelajaran di kelas ;(b) video pembelajaran membantu siswa memahami
isi materi dan memberikan pengalaman menarik bagi siswa.
Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Video Pembelajaran, Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia(PMRI)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:14
Last Modified: 11 Jul 2023 04:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item
View Item