Antasari, Melisa and Susanta, Agus and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C015035_MELISA ANTASARI.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C015035_MELISA ANTASARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C015035_MELISA ANTASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics
Education. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek
penelitian yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Kota Bengkulu semester genap
tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
lembar observasi aktivitas self checklist dan tes hasil belajar siswa. Aktivitas
belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan LKPD yang berisikan
masalah kontekstual, memahami masalah kontekstual, membentuk kelompok
diskusi siswa yang heterogen berdasarkan kemampuan akademis siswa dan
kedekatan antar siswa, siswa dilibatkan langsung mengkontruksi sendiri ide
matematika dari konsep materi yang sedang dipelajari menggunakan alat peraga,
siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan teman kelompok dalam menemukan
penyelesaian dari permasalahan kontekstual, siswa diarahkan untuk mengambil
andil tugas dalam kegiatan kelompok dengan membagi tanggung jawab anggota
kelompok masing-masing, siswa disetiap kelompoknya diajak untuk
menyampaikan pertanyaan atau tanggapan kepada kelompok penyaji saat kegiatan
diskusi kelas berlansung dengan diberikan nilai tambah bagi siswa yang aktif dan
apresiasi bagi kelompok yang paling aktif. Peningkatan aktivitas belajar dapat
dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi self checklist aktivitas belajar
siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 20,5 (kreteria cukup); 25
(kreteria baik); 30,5 (kreteria baik). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan
cara mengingatkan pada materi melalui masalah kontekstual, mengkaitkan
manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan,
memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan. Peningkatan
hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar dan latihan
siswa siklus I sampai siklus III yaitu 59,24; 70,41; 80,76 dengan persentase
ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 36%; 56%; 80%.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Realistics Mathematics
Education (RME).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12706 |