Purniasari, Purniasari and Effie, Efrida Muchlis and Syafdi, Maizora (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 20 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_PURNIASARI_A1C0015009.pdf [thumbnail of SKRIPSI_PURNIASARI_A1C0015009.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_PURNIASARI_A1C0015009.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (19MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di
SMPN 20 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development)
dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan menjadi 3 Tahapan yaitu tahap
pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan
(develop). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas LKPD, lembar
kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian pengembangan
LKPD ini menunjukan bahwa (a) LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada
Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu termasuk
dalam kategori sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa
dengan skor rata-rata 4,56; (b) LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada
Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu termasuk
dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,46; (c) LKPD Berbasis
Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN
20 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata
4,72 berdasarkan: (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 4,5 dalam
kategori sangat baik; (2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 4,64 dalam
kategori sangat baik; (3) respons peserta didik dengan skor rata-rata 4,49 dalam
kategori sangat baik; dan (4) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan
klasikal 100%.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan, Penemuan
Terbimbing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:26 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12709 |