PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Nanguntan, Robean and Yensy, Nurul Astuty and Syafdi, Maizora (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of ROBEANNANGUNTAN_A1C014064_SKRIPSI.pdf] Text
ROBEANNANGUNTAN_A1C014064_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran
inkuiri dengan pendekatan saintifik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian
yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik
pengumpulan data melalui lembar observsai aktivitas, dan hasil tes hasil belajar
siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Kota
Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang, terdiri
dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian terlaksana pada
tangggal 04 Oktober 2018 sampai dengan 12 November 2018. Hasil penelitian
menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan
cara membantu peserta didik untuk memahamai permasalahan, mengarahkan
peserta didik untuk memberi tanggapan dari kesimpulan, guru memberi penguatan
terhadap hasil diskusi yang telah disampaikan oleh peserta didik, memotivasi
peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan aktivitas
belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa kelas
siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20.33, 22, dan 27 dengan kriteria
secara berturut-turut yaitu cukup aktif, cukup aktif, dan aktif. Hasil belajar juga
dapat ditingkatkan dengan cara memberikan bimbingan kepada peserta didik yang
belum tuntas pada tiap siklus, membimbing peserta didik yang mengalami
kesulitan dalam mengerjakan tahap-tahap kegiatan dan memberikan arahan
kepada peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari,
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kemampuannya masih tergolong
rendah dan kurang aktif, serta memperbaiki kesalahan atau kekurangan peserta
didik dalam menyelesaikan setiap tes akhir siklus. Peningkatan hasil belajar siswa
dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siklus I, II, dan III secara berturut-turut
53.43, 78.59, dan 88.43dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III
secara berturut-turut yaitu 15.63%, 78,13%, dan 96.88%.
Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Pendekatan
Saintifik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:15
Last Modified: 11 Jul 2023 06:15
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item
View Item