Rohana, Siti and Susanta, Agus and Hanifah, Hanifah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf [thumbnail of Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
![Skripsi_Siti Rohana-dikonversi.pdf [thumbnail of Skripsi_Siti Rohana-dikonversi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi_Siti Rohana-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model Contextual 
Teaching and Learning sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 
matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan 
Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan 
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 14 Kota 
Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas 
belajar siswa, lembar latihan pada lembar kerja siswa dan lembar tes akhir siklus. 
Hasil mengelola kelas dengan menerapkan model Contexual Teaching and 
Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara mengubah 
susunan kelompok berdasarkan nilai akhir pada setiap siklus, membimbing siswa 
untuk terlibat aktif dalam kegiatan diskusi, menegur dengan tegas dan memberi 
sanksi siswa yang berjalan-jalan ke kelompok lain ketika sedang berdiskusi, dan 
menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dalam proses pembelajaran. 
Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata observasi 
aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 20,875; 26,375; 28,28. 
Sementara hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD 
yang banyak melibatkan siswa di dalam prosesnya, membimbing siswa saat 
menyimpulkan hasil yang diperoleh pada tahap refleksi, dan memberi soal latihan 
pada siswa di setiap pertemuan pada kegiatan penilaian autentik. Peningkatan 
hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I 
sampai siklus III yaitu : 63,32 ; 80,09 ; 83,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 
27,59 %, 62,06 %, 75,86 %.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:27 | 
| Last Modified: | 11 Jul 2023 06:27 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12717 | 

