Dewinta, Ana and Saparahayuningsih, Sri and Indrawati, Indrawati (2019) STUDI KASUS ANAK HAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 DI PAUD IT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mengenai anak yang hafal Al�Qur’an juz 30 di PAUD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Subjek penelitian
ini adalah anak berusia 6 tahun yang sudah hafal Al-Qur’an juz 30. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kasus SQY memiliki kecerdasan dengan IQ 115
(diatas rata-rata), orangtua anak memberikan bimbingan dan motivasi untuk
menghafal Al-Qur’an, orangtua dan guru menggunakan metode yang sama yaitu
metode talaqqi dengan setoran dalam mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an
sehingga anak hafal Al-Qur’an juz 30 di usia 6 tahun. Implikasi yang dilakukan
orangtua adalah menjadikan diri sebagai contoh dengan sering membaca Al�Qur’an dan memberikan jadwal untuk mengaji dengan anak setiap selesai sholat
magrib dan sholat isya. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti selanjutnya
untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang anak yang mampu
menghafal Al-Qur’an dilihat dari metode hafalan Al-Qur’an yang diterapkan oleh
orangtua dimana ada banyak metode hafalan Al-Qur’an.
Kata kunci: Anak Hafal Al-Qur’an, Metode hafalan Al-Qur’an, Kecerdasan,
Bimbingan dan Motivasi Orangtua
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12720 |