PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA TK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU

Herdiyanti, Arlis and Kurniah, Nina and Indrawati, Indrawati (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA TK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh terhadap
keterampilan berbicara anak menggunakan Metode Bermain Peran anak usia TK
kelompok B di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu, penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dengan design Non
Equivalent Control Grup Design. Sampel yang digunakan 13 orang untuk kelas
eksperimen dan 13 orang untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi menggunakan instrumen penelitian skala guttman untuk melihat
keterampilan berbicara anak. Untuk menganalisis data digunakan rumus t-hitung
dengan pra-syarat data normal dan varian yang sama. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 3,4282 sedangkan t-tabel = 2,064 karena t�hitung > t-tabel = 3,4282 >2,064 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, maka terdapat pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap
keterampilan berbicara anak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain
peran berpengaruh terhadap keterampilan berbicara anak usia TK kelompok B di
TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara Anak

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:51
Last Modified: 11 Jul 2023 06:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item
View Item