EFEKTIVITAS BERMAIN KONSTRUKTIF DAN BERMAIN PERAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B DI PAUD IT AL-KAHFI KOTA BENGKULU (Penelitian Eksperimen Quasi di Kelompok B PAUD IT Al-Kahfi Kota Bengkulu)

Rofiahsyah, Diyyanah and Saparahayuningsih, Sri and Wembrayarli, Wembrayarli (2019) EFEKTIVITAS BERMAIN KONSTRUKTIF DAN BERMAIN PERAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B DI PAUD IT AL-KAHFI KOTA BENGKULU (Penelitian Eksperimen Quasi di Kelompok B PAUD IT Al-Kahfi Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DIYANNAH OK.pdf] Text
SKRIPSI DIYANNAH OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kepercayaan diri
menggunakan metode bermain aktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu
eksperimen quasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak di kelompok B PAUD
IT Al-Kahfi Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik, analisis uji
prasyarat dan uji hipotesis (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan terdapat
perbedaan kepercayaan diri pada kelompok eksperimen Konstruktif dengan
kelompok eksperimen Peran , terbukti dengan hasil perhitungan uji t-test
diperoleh nilai 3,84 lebih besar dari 2,262. Maka Ho ditolak dan Ha
diterima, sehingga terdapat pengaruh bermain aktif terhadap kepercayaan diri
anak pada kelompok eksperimen Konstruktif. Melalui penelitian ini diharapkan
dapat diterapkan pada perkembangan lain seperti perkembangan motorik halus,
kognitif dan sosial anak.
Kata Kunci : Kepercayaan diri, bermain Konstruktif, bermain Peran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:04
Last Modified: 11 Jul 2023 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item
View Item