MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN KEGIATAN SIFAT BENDA CAIR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU WITRI 1 KOTA BENGKULU

Warni, Elin and Saparahayuningsih, Sri and Mona, Ardina (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN KEGIATAN SIFAT BENDA CAIR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU WITRI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui
pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan proses sains
melalui kegiatan sifat benda cair pada anak kelompok B5 Paud Witri 1
Kota Bengkulu?. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah
meningkatkan kemampuan proses sains melalui pembelajaran inquiry
dengan kegiatan sifat benda cair pada anak kelompok B5 Paud Terpadu
Witri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B5 Paud Terpadu
Witri 1 Kota Bengkulu berjumlah 9 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki
dan 6 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua
siklus setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan nilai rata�rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran
inquiry dengan kegiatan sifat benda cair dapat meningkatkan kemampuan
proses sains anak. Terbukti dari hasil rata-rata kemampuan sains anak pada
siklus I mencapai nilai rata-rata 3,40 dengan ketuntasan klasikal 66,7%
berada pada kriteria cukup kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak
mencapai 4,3 dengan ketuntasan klasikal 88,8% berada pada kriteria baik.
Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan
pembelajaran inquiry dalam meningkatkan kemampuan proses sains
melalui kegiatan-kegiatan sifat benda yang lainnya seperti sifat benda
padat dan sifat benda gas.
Kata kunci: Kemampuan proses sains, pembelajaran inquiry, sifat
benda cair.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:34
Last Modified: 11 Jul 2023 08:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item
View Item