HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANGTUA DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI SEKOLAH KELOMPOK B PAUD SE-GUGUS BUNGA ASTER DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Harnanda, Riris Dwi and Saparahayuningsih, Sri and Delrefi, Delrefi (2019) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANGTUA DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI SEKOLAH KELOMPOK B PAUD SE-GUGUS BUNGA ASTER DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan
orangtua di rumah dengan kemampuan membaca anak di sekolah kelompok B
PAUD Se-Gugus Bunga Aster di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel
penelitian berjumlah 40 responden yaitu anak dan orangtua yang diambil dengan
teknik proporsional stratified random sampling PAUD Se-Gugus Bunga Aster di
Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket untuk bimbingan orangtua dan tes untuk kemampuan
membaca anak. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Chi
Square menggunakan SPSS 22.0 For Windows. Hasil penelitian ini diperoleh
bahwa bimbingan yang diterapkan orangtua di rumah cenderung menerapkan
bimbingan permisif kepada anaknya dan kemampuan membaca anak di sekolah
mencapai kriteria penilaian baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat
hubungan antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan membaca di
sekolah dengan 2
hitung sebesar 7,911. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan positif antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan
membaca anak di sekolah. Artinya orangtua yang selalu memberikan bimbingan
di rumah kepada anaknya akan berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak.
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini
menggunakan pola asuh yang lain atau kemampuan yang lain dan dapat
melanjutkan penelitian ini dalam kawasan yang luas atau dibuktikan dengan
gugus yang lain.
Kata kunci: Bimbingan Orangtua, Kemampuan Membaca Anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:19
Last Modified: 12 Jul 2023 03:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item
View Item