STUDI KASUS KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK USIA 6 TAHUN DI TK AISYIYAH III KOTA BENGKULU

Nofia, Selpi and Saparahayuningsih, Sri and Delferi, Delferi (2019) STUDI KASUS KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK USIA 6 TAHUN DI TK AISYIYAH III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SELPII.pdf] Text
SKRIPSI SELPII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keterlambatan berbicara pada
anak, adapun faktor utamanya yaitu untuk mengetahui penyebab keterlambatan
berbicara dari sisi kesehatan dan sisi pola asuh orang tua, serta mengetahui usaha�usaha atau stimulasi yang diberikan guru untuk menangani kasus keterlambatan
berbicara anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seorang anak
laki-laki berinisial A berusia 6 tahun. Sumber data diperoleh dari anak, orang tua,
guru, dan dokter. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
pemeriksaan kesehatan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa A mengalami
keterlambatan berbicara, dilihat dari perilaku anak ini mengalami pelafalan kata
yang tidak jelas sehingga bicara anak juga tidak jelas, kalimat yang digunakan
anak belum baik, kosakata yang sedikit dan tidak variatif. Dari ahli kesehatan
(dokter) tidak ada permasalahan yang terkait dengan fisik, yaitu anak memiliki
telinga (pendengaran) yang baik, faktor pendukung pengucapan (seperti otot
sekitar mulut, rongga mulut, dan lidah) dalam keadaan baik. Keterlambatan
berbicara pada A tidak disebabkan oleh faktor kesehatan maupun stimulasi guru
tetapi dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Orang tua menerapkan pola
asuh permissif yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan anak. Implikasi pada
penelitian ini adalah gejala keterlambatan berbicara tidak saja dari faktor
kesehatan atau biologis anak tetapi bisa dari pola asuh. Oleh karena itu,
disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih
mendalam tentang anak yang mendapatkan pola asuh permissif, yang mana anak
cenderung ditelantarkan dan kurang mendapatkan stimulasi apakah anak juga
mengalami keterlambatan berbicara seperti A atau keterlambatan berbicara pada
anak bukan saja disebabkan oleh pola asuh permissif.
Kata kunci: Keterlambatan Berbicara, Anak

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:28
Last Modified: 12 Jul 2023 03:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item
View Item