ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ZIN MACROSIMULATION (Studi Kasus: Kawasan Bencoolen Mall Pantai Panjang Kota Bengkulu)

Al-Qodri, Rahmat and Hardiansyah, Hardiansyah and Fepy, Supriani (2022) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ZIN MACROSIMULATION (Studi Kasus: Kawasan Bencoolen Mall Pantai Panjang Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMAT AL-QODRI (G1B016019).pdf] Text
SKRIPSI RAHMAT AL-QODRI (G1B016019).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Bencoolen Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar yang terletak di kawasan
wisata Pantai Panjang yang merupakan pesisir pantai di Kota Bengkulu,
sehingga menjadikan kawasan Pantai Panjang selalu ramai dikunjungi setiap
harinya. Berdasarkan peta kajian zona tingkat resiko kegempaan di Kota
Bengkulu yang paling rentan berada pada wilayah sepanjang pesisir pantai.
Tujuan dari penelitian untuk membangun model pergerakan evakuasi bencana
tsunami dengan skenario yang diusulkan guna untuk meminimalisir dampak
yang ditimbulkan dari bencana tsunami. Skenario penelitian mengusung
perubahan pada kapasitas jalan dengan menghilangkan median dan penambahan
jalan baru. Penelitian diawali dengan survei geometrik jalan dan survei arus lalu
lintas, data yang telah dikumpulkan dihitung secara manual sesuai dengan
aturan PKJI 2014. Tahapan pemodelan menggunakan software ZIN
Macrosimulation yang diawali dengan pemodelan eksisting, dilanjutkan dengan
5 pemodelan kondisi yang berbeda-beda. Kinerja jaringan jalan dengan
geometrik jalan berubah (jalan skenario) mempunyai tingkat kinerja jaringan
jalan yang lebih baik dibanding dengan geometrik jalan tak berubah (jalan
eksisting). Dari 5 pemodelan yang dibangun pemodelan yang terbaik terlihat
pada pemodelan 4 yang memiliki tingkat pelayanan jalan yang lebih baik. Ruas
jalan pemodelan 4 terutama pada Jalan Sedap Malam I terlihat derajat
kejenuhan yang awalnya 0,38 menjadi 0,13 saat kondisi evakuasi. Pemodelan
skenario pada kondisi pertumbuhan kendaraan 5 tahun mendatang terlihat pada
pemodelan 5 dimana derajat kejenuhan Jalan Sedap Malam I yang awalnya 0,46
menjadi 0,19 saat kondisi 5 tahun mendatang.
Kata Kunci: Evakuasi, Tsunami, Skenario, Pemodelan, ZIN Macrosimulation.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:08
Last Modified: 01 Aug 2023 04:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200