Handini, Shinta and Wadin, Wahiruddin and Sofino, Sofino (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DINI OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI DINI OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DINI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang usia lahir hingga
enam tahun secara menyeluruh yang mencakup aspek fisik dan aspek nonfisik. Kreativitas yaitu
kemampuan untuk menghasilkan gagasan baru, memecahkan masalah dan ide yang mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan yang harus dimiliki sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini,
faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Cara
guru dalam mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran yaitu membuat pembelajaran yang
menyenangkan, Belajar sambil bermain, Interaksi dalam proses pengembangan kreativitas anak
usia dini, Memadukan pembelajaran dengan perkembangan berbicara, Belajar dengan konteks
nyata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi,
Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang disajikan dalam bentuk Kualitatif. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model yang dikembangkan oleh Burhan
yaitu Mereduksi data, penyajian data, verifikasi (pengumpulan keputuasan/kesimpulan). Dari
analisis yang penulis lakukan terdapat upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini
yang meliputi perencanaan, metode, media, kurikulum, cara guru membuat anak menjadi lebih
kreatif, cara guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Faktor penghambat guru
yang meliputi kendala guru dalam meningkatkan kreativitas dan cara guru mengatasinya serta
faktor pendukung guru yang meliputi metode khususnya. Pendidik menggunakan berbagai
metode yaitu metode karyawisata, metode bercerita, metode pemberian tugas, metode bernyanyi.
Evaluasi kreativitas anak usia dini sudah dilakukan yaitu dalam pemberian tugas yang diberikan,
pengamatan harian dan semesteran.
Kata Kunci : Upaya Guru, Meningkatkan Kreativitas, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:39 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12884 |