Kurniawan, Adhytia and Muktadir, Abdul and Dalifa, Dalifa (2019) STUDI DESKRIPTIF ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS SISWA KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU SEKOLAH DASAR 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi.pdf [thumbnail of Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hakikat pembelajaran IPA pada aspek 
sikap ilmiah dan aspek litrasi sains yang terdiri dari sains sebagai ilmu 
pengerahuan (body knowledge),sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara 
berfikir, dan interaksi antara teknologi sains masyarakat yang disajikan pada buku 
teks siswa. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kualitatif,subjek 
penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD 08 Kota Bengkulu dan Buku teks siswa 
kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian 
ini yaitu observasi untuk menggambarkan sikap ilmiah siswa kelas IV B dalam 
pembelajaran IPA dan analisis literasi sains pada buku dengan menggunakan 
lembar pedoman analisis yang diadopsi dari Chiapetta,Sethna dan Filman 
diPadayache.K (2012). Hasil analisis menunjukkan dua temuan penting 1) sikap 
ilmiah yang muncul pada siswa kelas IV B yaitu (rasa ingin tahu, kejujuran dan 
objektif terhadap data/fakta, dan sikap kritis) sudah tampak dalam pembelajaran 
IPA dengan kemunculan indikator yang berbeda-beda untuk setiap aspek, dan 2) 
aspek literasi sains pada buku teks siswa kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, 
menunjukkan aspek ilmu sebagai batang tubuh pengetahuan yang memiliki 
persentase tertinggi yaitu 42% dari tiga aspek lainnya, persentase sains sebagai 
jalan menyelidiki 26%, persentase sains sebagai cara berfikir 22%, dan 
persentase interaksi sains teknologi dan masyarakat yaitu 9 %. Persentase 
interaksi sains teknologi dan masyarakat merupakan aspek terkecil yang muncul 
dibandingkan dengan ketiga aspek literasi sains lainya.
Kata kunci : Literasi sains, Pembelajaran IPA, Sikap ilmiah, Buku Teks Siswa
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:05 | 
| Last Modified: | 13 Jul 2023 03:05 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12895 | 

