STUDI DESKRIPTIF ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS SISWA KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU SEKOLAH DASAR 08 KOTA BENGKULU

Kurniawan, Adhytia and Muktadir, Abdul and Dalifa, Dalifa (2019) STUDI DESKRIPTIF ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS SISWA KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU SEKOLAH DASAR 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hakikat pembelajaran IPA pada aspek
sikap ilmiah dan aspek litrasi sains yang terdiri dari sains sebagai ilmu
pengerahuan (body knowledge),sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara
berfikir, dan interaksi antara teknologi sains masyarakat yang disajikan pada buku
teks siswa. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kualitatif,subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD 08 Kota Bengkulu dan Buku teks siswa
kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini yaitu observasi untuk menggambarkan sikap ilmiah siswa kelas IV B dalam
pembelajaran IPA dan analisis literasi sains pada buku dengan menggunakan
lembar pedoman analisis yang diadopsi dari Chiapetta,Sethna dan Filman
diPadayache.K (2012). Hasil analisis menunjukkan dua temuan penting 1) sikap
ilmiah yang muncul pada siswa kelas IV B yaitu (rasa ingin tahu, kejujuran dan
objektif terhadap data/fakta, dan sikap kritis) sudah tampak dalam pembelajaran
IPA dengan kemunculan indikator yang berbeda-beda untuk setiap aspek, dan 2)
aspek literasi sains pada buku teks siswa kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku,
menunjukkan aspek ilmu sebagai batang tubuh pengetahuan yang memiliki
persentase tertinggi yaitu 42% dari tiga aspek lainnya, persentase sains sebagai
jalan menyelidiki 26%, persentase sains sebagai cara berfikir 22%, dan
persentase interaksi sains teknologi dan masyarakat yaitu 9 %. Persentase
interaksi sains teknologi dan masyarakat merupakan aspek terkecil yang muncul
dibandingkan dengan ketiga aspek literasi sains lainya.
Kata kunci : Literasi sains, Pembelajaran IPA, Sikap ilmiah, Buku Teks Siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:05
Last Modified: 13 Jul 2023 03:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item
View Item