PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PAKU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN M ATEMATIKA DI KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU

Zulika, Apriyani and Hambali, Daimun and Dwi, Anggraini (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PAKU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN M ATEMATIKA DI KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of PDF SKRIPSI APRIYANI ZULIKA.pdf] Text
PDF SKRIPSI APRIYANI ZULIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing menggunakan media papan paku dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar Matematika dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dengan penerapan model inkuiri terbimbing menggunakan media papan paku di
kelas IV B SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa
kelas IV B SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar
observasi dan lembar tes. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata
nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis
menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan
kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru siklus I diperoleh
32,25 siklus II diperoleh 40,25. Aktivitas siswa siklus I mendapat rata-rata 34,75
dan siklus II diperoleh 40,75. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk
aspek pengetahuan siklus I 78,92 dengan ketuntasan belajar klasikal 67,86% dan
siklus II 83,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Aspek sikap teliti rata�rata skor siklus I 2,46, siklus II 3,01, sikap percaya diri siklus I 2,53 siklus II 3,12,
sikap disiplin siklus I 2,85 siklus II 3,19, dan sikap rasa ingin tahu siklus I 2,73
siklus II 3, 44. Aspek keterampilan menggunakan rumus siklus I 2,55 siklus II 3,24,
terampil membuat, siklus I 2,51 siklus II 3,3, terampil menggunakan media siklus
I 2,65 siklus II 3,22, terampil menunjukkan hasil siklus I 2,76 siklus II 3,3. Dengan
demikian, penerapan model inkuiri terbimbing menggunakan media papan paku
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Matematika di kelas IV B SD Negeri 44 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Media Papan Paku, Aktivitas Belajar,
Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:19
Last Modified: 13 Jul 2023 03:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12902

Actions (login required)

View Item
View Item