Afrianti, Ayu Dersi and Wurjinem, Wurjinem and Daimun, Hambali (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi Ayu Dersi Afrianti .pdf [thumbnail of skripsi Ayu Dersi Afrianti .pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi Ayu Dersi Afrianti .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
kota Bengkulu yang berjumlah 42 SD. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 30
siswa kelas IV SDN 11 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas IV SDN 74
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random
Sampling yang artinya pengacakan kelompok (rombongan belajar). Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis
yang berbentuk uraian berjumlah 8 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali,
yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, yaitu thitung = 6,20
lebih besar dari nilai ttabel = 2,00. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil
perbedaan nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan skala 5%
penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu.
Kata kunci :Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) , Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12905 |