PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS XVII KOTA BENGKULU

Gustiana, Diokha and Yuliantini, Nani and Ansyori, Gunawan (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS XVII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of pdf Diokha Gustina.pdf] Text
pdf Diokha Gustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Book pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control
group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus XVII Kota
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 04 Kota Bengkulu
dan kelas IV A SDN 11 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 56 siswa terdiri dari kelas
IV B SDN 04 Kota Bengkulu berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas IV A SDN 11 Kota Bengkulu berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan
berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan
posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan
statistik inferensial. Berdasarkan hasil persentase hasil belajar yang diperoleh pada
kelas eksperimen untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 63,23%, dan
mata pelajaran IPA sebesar 60,96%. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan
hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 47,91%, dan mata
pelajaran IPA sebesar 24,62%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan
media Pop-Up Book.
Kata kunci: Media Pop-up Book, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:42
Last Modified: 13 Jul 2023 03:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item
View Item