STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA SOFTWARE WINGEOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Sari, Ema Tryana and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2019) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA SOFTWARE WINGEOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI EMA TRYANA SARI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI EMA TRYANA SARI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
matematis antara siswa yang menggunakan media software wingeom dan media
manipulatif pada pembelajaran matematika kelas V SD gugus XIV Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain Pretest-Posttest
Comparation Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SD gugus XIV Kota Bengkulu. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas
V SDN gugus XIV Kota Bengkulu yang berstatus sekolah negeri. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, didapatkan
sampel yaitu siswa kelas VC SDN 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa
menjadi kelas eksperimen I dan kelas VA SDN 45 Kota Bengkulu yang berjumlah
25 siswa menjadi kelas eksperimen II. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa tes berbentuk soal uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest pada
kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan
statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung sebesar 2,25 dan nilai ttabel
sebesar 2,01. Secara statistik terlihat thitung (2,25) > ttabel (2,01) pada taraf
signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan
berpikir matematis antara siswa yang menggunakan media manipulatif dan media
software wingeom pada pembelajaran matematika kelas V SD gugus XIV Kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Media Manipulatif, Media Software Wingeom, Berpikir
Matematis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:59
Last Modified: 13 Jul 2023 03:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item
View Item