PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI GUGUS 14 KOTA BENGKULU

Ningsih, Henisah Surya and Yuliantini, Nani and Wurjinem, Wurjinem (2019) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI GUGUS 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of HENISA SKRIPSI.pdf] Text
HENISA SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Chlidren
Learning In Science pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest
control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV gugus 14 Kota
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 45 Kota Bengkulu
dan kelas IV A SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 44 terdiri dari kelas IV B
SDN 45 Kota Bengkulu berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas
IV A SDN 42 Kota Bengkulu berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal
pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk
hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat,
dan analisis uji hipotesis. thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia thitung (2,13) > ttabel (2,01), dan pada mata pelajaran
IPA thitung (2,10) > ttabel (2,01). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai
ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model Chlidren
Learning In Science mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Chlidren Learning In Science
terhadap hasil belajar siswa psda pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri
Gugus 14 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model CLIS, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:01
Last Modified: 13 Jul 2023 04:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item
View Item