HUBUNGAN ATRIBUT BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMPEK PELANGI (Studi Kasus Pempek Sulthan Pindang Agan Di Kota Palembang)

Saripi, Mutiara and Putri, Suci Asriani and Satria, Putra Utama (2022) HUBUNGAN ATRIBUT BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMPEK PELANGI (Studi Kasus Pempek Sulthan Pindang Agan Di Kota Palembang). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
Skripsi Saripi Mutiara (E1D015164).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat dan terus mengalami perubahan
mengakibatkan persaingan yang semakin ketat, para pengusaha melakukan berbagai cara
untuk mempertahankan dan mengembangkan keunggulan kompetitif dengan pesaingnya.
Salah satunya yaitu Pempek Sulthan Pindang Agan merupakan salah satu usaha pempek
yang sangat populer di Palembang yang mempunyai keistimewaan pempek dengan cita
rasa dan bentuk yang hampir sama dengan pempek pada umumnya, namun menjadi
berbeda dengan adanya penambahan bahan pewarna alami yang disebut dengan Pempek
Pelangi. Varian Pempek Pelangi ini dibuat dari sari buah naga, wortel, dan caisim,
sehingga menghasilkan warna merah, kuning, dan hijau. Dengan adanya inovasi ini
munculah diversifikasi pempek yang awal mulanya hanya campuran tepung terigu dan
ikan, kini dengan munculnya Pempek Pelangi diharapkan akan menarik konsumen untuk
melakukan pembelian. Namun sebelum membeli, konsumen terlebih dahulu
mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi produk itu sendiri. Konsumen
dalam melakukan keputusan pembelian memiliki beberapa pertimbangan. Salah satunya
yaitu yang tertanam dalam atribut-atribut bauran pemasaran yang disebut dengan 4P
(produk, harga, promosi dan lokasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penilaian konsumen mengenai atribut bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian
yang melekat pada Pempek Pelangi, serta untuk mengetahui hubungan atribut bauran
pemasaran terhadap keputusan pembelian Pempek Pelangi. Lokasi penelitian berada di
Pempek Sulthan Pindang Agan di Kota Palembang. Diukur dengan menggunakan Skala
Likert dan dianalisis menggunakan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penilaian variabel produk, harga, promosi, tempat, dan keputusan pembelian termasuk ke
dalam kategori baik oleh konsumen, serta mengenai hubungan atribut bauran pemasaran
4P terhadap keputusan pembelian Pempek Pelangi memiliki hubungan yang sangat
signifikan dengan keeratan hubungan yang cukup kuat dan kuat serta memiliki arah
hubungan yang positif. Artinya semakin baik setiap variabel atribut bauran pemasaran
Pempek Pelangi maka akan semakin meningkat pula keputusan pembelian.
Kata Kunci:Hubungan Atribut Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Pempek

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:06
Last Modified: 13 Jul 2023 04:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor