PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS I SDN GUGUS 10 KABUPATEN LEBONG

Wulandari S, Kurnia Novitri and Lusa, Herman and Dalifa, Dalifa (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS I SDN GUGUS 10 KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of PDF SKRIPSI Kurnia Novtri Wulandari.pdf] Text
PDF SKRIPSI Kurnia Novtri Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan
media kartu kata bergambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment, jenis
desain The Matching Only Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi penelitian ini
siswa kelas I SDN Gugus 10 Kabupaten Lebong. Sampel pada penelitian ini kelas I SDN 54
Lebong dan Kelas I SDN 16 Lebong. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling.
Jumlah sampel 52 siswa terdiri dari kelas I SDN 54 berjumlah 25 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas I SDN 16 Lebong berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang
diberikan melalui Pretest dan Posttest, hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen
yang digunakan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui nilai ������� mata pelajaran
SBdP sebesar 5,43 dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 2,65 lebih besar dari ����

pada taraf signifikan 5% sebesar 1,675. Dengan demikian Hipotesis Ha terbukti dan diterima.
Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang
menggunakan model discovery learning berbantuan media kartu kata bergambar.
Kata kunci: Discovery Learning, Media Kartu Kata Bergambar, Tematik, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:41
Last Modified: 13 Jul 2023 04:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item
View Item