Yulianti, Liza and Gunawan, Ansyori and Sri, Ken Kustianti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN GUGUS 1 KAUR UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LIZA YULIANTI.pdf [thumbnail of SKRIPSI LIZA YULIANTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LIZA YULIANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
manipulatif blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika kelas III SDN Gugus 1 Kaur Utara. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu SDN Gugus 1 Kaur Utara yang
menggunakan kurikulum KTSP. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III
SDN 80 dan 28 Kaur Utara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan
Cluster Random Sampling. Setelah dilakukan pengacakan didapat SDN 28
sebagai kelas eksperimen dan SDN 80 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
diberikan pada penelitian ini berupa tes hasil belajar kognitif berupa tes uraian
yang diberikan melalui pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol, data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata
posttest pada kelas eksperimen yaitu 62.00 dan pada kelas kontrol yaitu 48,38.
Hasil uji-t posttest pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan
bahwa thitung sebesar 3,25 lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5%
sebesar 2.03, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan
terdapat pengaruh media manipulatif blok pecahan terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri 28 dan SD Negeri 80 Kota
Bengkulu.
Kata kunci : Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:46 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12945 |