STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Andrian, Medo and Dadi, Sri and Nani, Yuliantini (2019) STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MEDO.pdf] Text
SKRIPSI MEDO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam
membuka dan menutup pelajaran pada pembelajaran IPS di kelas IV SD
Negeri 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 03 Kota Bengkulu,
subjek penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu.
Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrumen, pedoman observasi
dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi tipe observation non participant dan wawancara. Teknik analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan empat kegiatan dalam
membuka pelajaran, yaitu : menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi,
memberi acuan melalui berbagai usaha, dan memberikan apersepsi. Guru juga
melakukan tiga kegiatan dalam menutup pelajaran, yaitu : merangkum atau
membuat garis-garis besar persoalan yang baru dibahas, mengonsolidasikan
perhatian siswa terhadap hal-hal yang pokok, dan mengorganisasikan kegiatan
yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman baru dan memberikan
tindak lanjut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV SD
Negeri 03 Kota Bengkulu menerapkan keterampilan membuka dan menutup
pelajaran dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Keterampilan, membuka dan menutup pelajaran, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:47
Last Modified: 27 Jul 2023 03:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item
View Item