PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA BENGKULU

Fitri, Melsa and Resnani, Resnani and Dwi, Anggraini (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MELSA FITRI A1G015082.pdf] Text
SKRIPSI MELSA FITRI A1G015082.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran picture
and picture terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri se-Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the
matching only posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh Sekolah Dasar Negeri kelas V se-Kota Bengkulu. Sedangkan yang
menjadi sampelnya adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Bengkulu
sebagai kelas eksperimen dan Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Bengkulu sebagai
kelas kontrol yang menggunakan Kurikulum KTSP dan memiliki akreditasi A.
Teknik penggunaan sampel menggunakan stratified random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar tes dalam bentuk soal uraian singkat
yang diberikan melalui posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data
hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat
dan uji inferensial yaitu dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kelas kontrol adalah 75,41 dan nilai rata�rata hasil posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 83,18. Selanjutnya, hasil
uji-t menunjukkan bahwa sebesar 3,48 lebih besar daripada nilai 2,02
pada taraf signifikan 5%. Sehingga diterima dan ditolak. Dengan demikian
menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Picture and Picture, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:36
Last Modified: 13 Jul 2023 06:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item
View Item