PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PADA GUGUS XVII KOTA BENGKULU

Hutauruk, Ribka Putri Kristina and Hambali, Daimun and Bambang, Parmadie (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PADA GUGUS XVII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI RIBKA HUTAURUK .pdf] Text
SKRIPSI RIBKA HUTAURUK .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role
Playing pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest Posttest Control
Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD pada gugus
XVII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 04 Kota
Bengkulu dan IV B SDN 11 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 56
orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan
penentuan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dicapai peneliti. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal
pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest.
Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar
observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif
dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji
Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini
diperoleh sebesar 7,61 dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01
di mana lebih besar dari . Dengan rincian nilai rata-rata pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 85,35, mata pelajaran IPS sebesar 86,15 dan
mata pelajaran PPKN sebesar 84,54. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan
hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model role playing
Kata Kunci: Tematik, Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:53
Last Modified: 13 Jul 2023 06:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor