Hutauruk, Ribka Putri Kristina and Hambali, Daimun and Bambang, Parmadie (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PADA GUGUS XVII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RIBKA HUTAURUK .pdf [thumbnail of SKRIPSI RIBKA HUTAURUK .pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI RIBKA HUTAURUK .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role 
Playing pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini 
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi 
Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest Posttest Control 
Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD pada gugus 
XVII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 04 Kota 
Bengkulu dan IV B SDN 11 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 56 
orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan 
penentuan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dicapai peneliti. Instrumen 
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal 
pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. 
Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar 
observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif 
dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji 
Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini 
diperoleh sebesar 7,61 dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 
di mana lebih besar dari . Dengan rincian nilai rata-rata pada mata 
pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 85,35, mata pelajaran IPS sebesar 86,15 dan 
mata pelajaran PPKN sebesar 84,54. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan 
hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan 
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil 
belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model role playing
Kata Kunci: Tematik, Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 13 Jul 2023 06:53 | 
| Last Modified: | 13 Jul 2023 06:53 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12963 | 

