Arbiyanti, Risqi Septria and Djuwita, Puspa and Osa, Juarsa (2019) PERAN GURU DALAM MEMBINA PERILAKU TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PKN (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 06 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Risqi Septria Arbiyanti pdf.pdf [thumbnail of SKRIPSI Risqi Septria Arbiyanti pdf.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Risqi Septria Arbiyanti pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang cara guru dalam membina
perilaku toleransi siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SD Negeri 06 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data menggunakan
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Data yang
diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membina
perilaku toleransi siswa melalui pembelajaran PKn kelas VA meliputi: (1) Guru
sebagai pembimbing, pembinaan perilaku toleransi yang ditunjukkan dengan
menunjukkan sikap berprasangka baik terhadap semua siswa pada kegiatan
pembelajaran, mendengarkan tanggapan/pertanyaan/pendapat siswa tanpa
menyalahkan siswa serta menciptakan suasana/iklim kelas yang harmonis/toleran.
(2) Guru sebagai motivator, sudah terlihat ada pembinaan perilaku toleransi. Guru
memberikan pemahaman bahwa semua orang berhak mendapatkan perlakuan
baik. Guru menunjukkan hal-hal positif tentang organisasi seperti menghargai dan
menghormati perbedaan pendapat. Guru juga menerapkan pertukaran teman
sebangku setiap sebulan sekali. (3) Guru sebagai pemberi contoh atau teladan,
sudah terlihat memberikan contoh atau teladan positif untuk siswa, misalnya
memberi contoh untuk saling menghormati siswa yang berbeda agama. Dapat
disimpulkan bahwa sudah tampak pembinaan perilaku toleransi melalui
pembelajaran PKn di kelas VA SD Negeri 06 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Perilaku Toleransi, PKn.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 06:56 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 06:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12965 |