Herjanah, Septia and Dadi, Sri and Syahril, Yusuf (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN GUGUS II BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments
Diintegrasikan Dengan Media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus II Bengkulu Utara. Jenis yang digunakan
yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment
dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus II Bengkulu Utara. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah SDN yang berakreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di
SDN 090 dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan
siswa kelas V di SDN 099 dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa sebagai kelas
kontrol. Hasil uji-t dapatkan thitung (4,132) > ttabel (1,666). Nilai thitung yang
diperoleh lebih tinggi dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan model pembelajran Cooperative Learning Tipe Teams Games
Tournaments Diintegrasikan Dengan Media Puzzle terhadap hasil belajar IPS
siswa di kelas V SDN Gugus II Bengkulu Utara.
Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments, Media
Puzzle, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12970 |