Yustika, Tiara and Kustianti, Sri Ken and Resnani, Resnani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf [thumbnail of SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada 
pembelajaran Tematik kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu dengan menerapkan 
model pembelajaran picture and picture berbantuan media kotak misteri. Subjek 
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen 
penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data tes 
menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. 
Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor 
terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil aktivitas siswa 
siklus I 21,5 dan siklus II meningkat 29,5. Aspek kognitif siklus I mapel PKn nilai 
rata-rata kelas sebesar 69,89 ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,14% pada 
siklus II rata-rata kelas sebesar 80,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 
85,71% , mapel Bahasa Indonesia siklus I nilai rata-rata 68,96 ketuntasan belajar 
klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata kelas 80,29 ketuntasan 
belajar klasikal sebesar 82,14%, mapel IPS siklus nilai rata-rata kelas sebesar 
68,96 ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata 
kelas sebesar 80,82 ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,57%.aspek afektif 
siklus I aspek bertanggung jawab sebesar 42,85%. Meningkat pada siklus II 
sebesar 78,57%. aspek teliti sebesar 32,14%. Meningkat pada siklus II sebesar 
89,28%. dan percaya diri sebesar 46,42%. Meningkat pada siklus II sebesar 
85,71%. Aspek Keterampilan siklus I aspek membedakan sebesar 35,71% pada 
siklus II meningkat sebesar 82,14%. aspek membuat sebesar 39,28% siklus II 
meningkat sebesar 78,57%. dan aspek menunjukkan sebesar 42,85% siklus II 
meningkat sebesar 85,71%. Dengan demikian penerapan model picture and 
picture berbantuan media kotak misteri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil 
belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Picture and Picture, Media Kotak Misteri, Hasil Belajar, 
Pembelajaran Tematik
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:23 | 
| Last Modified: | 13 Jul 2023 07:23 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12979 | 

