Yustika, Tiara and Kustianti, Sri Ken and Resnani, Resnani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf [thumbnail of SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu dengan menerapkan
model pembelajaran picture and picture berbantuan media kotak misteri. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data tes
menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor
terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil aktivitas siswa
siklus I 21,5 dan siklus II meningkat 29,5. Aspek kognitif siklus I mapel PKn nilai
rata-rata kelas sebesar 69,89 ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,14% pada
siklus II rata-rata kelas sebesar 80,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar
85,71% , mapel Bahasa Indonesia siklus I nilai rata-rata 68,96 ketuntasan belajar
klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata kelas 80,29 ketuntasan
belajar klasikal sebesar 82,14%, mapel IPS siklus nilai rata-rata kelas sebesar
68,96 ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata
kelas sebesar 80,82 ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,57%.aspek afektif
siklus I aspek bertanggung jawab sebesar 42,85%. Meningkat pada siklus II
sebesar 78,57%. aspek teliti sebesar 32,14%. Meningkat pada siklus II sebesar
89,28%. dan percaya diri sebesar 46,42%. Meningkat pada siklus II sebesar
85,71%. Aspek Keterampilan siklus I aspek membedakan sebesar 35,71% pada
siklus II meningkat sebesar 82,14%. aspek membuat sebesar 39,28% siklus II
meningkat sebesar 78,57%. dan aspek menunjukkan sebesar 42,85% siklus II
meningkat sebesar 85,71%. Dengan demikian penerapan model picture and
picture berbantuan media kotak misteri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Picture and Picture, Media Kotak Misteri, Hasil Belajar,
Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:23 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12979 |