Rizki, Wiwit Trira and Dalifa, Dalifa and Nani, Yuliantini (2019) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS XVII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI WIWIT TRIRA RIZKI.pdf [thumbnail of SKRIPSI WIWIT TRIRA RIZKI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WIWIT TRIRA RIZKI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif
tipe Make a Match pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest
control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus XVII
Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A SDN 04 Kota
Bengkulu dan kelas IVB SDN 11 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Purposive random sampling. Jumlah sampel 51 siswa terdiri atas
kelas IVB SDN 11 Kota Bengkulu berjumlah 26 siswa sebagai kelas Eksperimen
dan kelas IVA SDN 04 Kota Bengkulu berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan
berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan
posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan
statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan t-hitung
mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,35 dan pada mata pelajaran IPA
sebesar 3,27 dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 dimana
lebih besar dari . Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar
yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik yang menggunakan model kooperatif tipe Make a Match.
Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, Tematik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:13 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13006 |