Utami, Yuli Budi and Karjiyati, Victoria and Syahril, Yusuf (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA M ATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF SKRIPSI YULI BUDI UTAMI.pdf [thumbnail of PDF SKRIPSI YULI BUDI UTAMI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF SKRIPSI YULI BUDI UTAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery
Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata
pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Gugus 10 Kota Bengkulu. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest
control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus 10 yaitu siswa kelas
IV di SDN 58 untuk kelas kontrol dan siswa kelas IV di SDN 38 untuk kelas
eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes
kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal.
Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran
berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t
hasil posttest siswa, dimana thitung = 2,10 dan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel,
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan model discovery learning berbasis etnomatematika
terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika siswa SDN
Gugus 10 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning,
Etnomatematika, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:23 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13015 |