Afrilliana, Yunita and Lusa, Herman and Neza, Agusdianita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS VIII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![YUNITA AFRILIANA (A1G015044) PGSD.pdf [thumbnail of YUNITA AFRILIANA (A1G015044) PGSD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YUNITA AFRILIANA (A1G015044) PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistic
mathematics education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V
SDN gugus VIII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan
desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus VIII Kota Bengkulu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada
penelitian ini. kelas VB di SDN 36 sebagai kelas eksprimen dan kelas VA SDN
18 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali,
yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan
kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji
prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Data hasil penelitian yang diolah
menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung sebesar 6,30
dan nilai ttabel sebesar 2,02. Secara statistik terlihat thitung (6,30) > ttabel (2,02) pada
taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus VIII Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13021 |