Agustin, Ade and Wurjinem, Wurjinem and Lukman, Lukman (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS VII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ADE.pdf [thumbnail of SKRIPSI ADE.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ADE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning
(PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy
Experimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posstest Control
Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus 7 Kota
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19
Kota Bengkulu dan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 49 Kota Bengkulu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Jumlah sampel 73
siswa terdiri dari kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 19 Kota Bengkulu yang
berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Sekolah Dasar Negeri
49 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal
pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Hasil belajar aspek sikap
dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik
analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan
analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapatkan thitung pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia yaitu (2,835) > ttabel (1,667), sedangkan hasil uji-t didapatkan
thitung pada mata pelajaran SBdP yaitu (2,623) > ttabel (1,667). Nilai thitung yang
diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar
siswa di kelas IV Sekolah Dasar Gugus VII Kota Bengkulu. Selain itu untuk aspek
sikap dan keterampilan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, hal ini
dibuktikan dengan persentase kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan
kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model Project Based
Learning (PjBL).
Kata Kunci : Hasil Belajar, PjBL, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:36 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13024 |