Sari, Febby Intan Pratama and Winarni, Endang Widi and Dwi, Anggraini (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD GUGUS XXI KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![FEBBY INTAN PERMATA SARI.pdf [thumbnail of FEBBY INTAN PERMATA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
FEBBY INTAN PERMATA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model quantum 
learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD 
Gugus XXI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. 
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan 
jenis desain “the matching only pretest-posttest control group design. Populasi 
dalam penelitian ini adalah SD gugus XXI Kota Bengkulu. Teknik pengambilan 
sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas V 
SDN 40 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 51 Kota 
Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
angket motivasi belajar siswa yang diberikan melalui angket awal dan angket 
akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam 
penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik 
deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah 
menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung sebesar 6,79
dan nilai ttabel sebesar 2,07. Secara statistik terlihat thitung (6,79) > ttabel (2,07) pada 
taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 
pengaruh penggunaan model quantum learning terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Gugus XXI Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Quantum Learning, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:24 | 
| Last Modified: | 15 Oct 2025 01:37 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13090 | 

